Tuesday, February 14, 2017

Manajemen Relatif

Manajemen Relatif


Manajemen dalam artian umum adalah pengaturan dan perencanaan. Sederhananya manajemen adalah sebuah konsep yang dibuat oleh individu atau kelompok/organisasi untuk melakukan pengaturan dan perencanaan dalam sebuah kegiatan atau bisnis untuk mendapatkan hasil yang efektif.
Sedangkan relatif dalam artian umum adalah sesuatu yang tidak pasti atau tidak mutlak.
Jadi Manajemen Relatif adalah konsep manajemen yang belum pasti atau belum mutlak dijadikan prioritas utama dan tidak diterapkan secarah penuh dalam sebuah organisasi tetapi pada saat kondisi tertentu konsep manajemen tersebut diterapkan.


Sifat dari manajemen relatif

sifat dari manajemen relatif adalah bersifat fleksibel karena konsep manajemen ini sama sekali tidak terikat oleh satu kondisi atau agenda yang sudah ditetapkan.


Contoh manajemen relatif:

sebuah pabrik hp A memutuskan untuk mempercepat jumlah produksi hp mereka untuk memperluas pasar dan tidak disaingi oleh produk hp B yang sudah memperluas pasar.Disisi lain pabrik hp A harus menambah tenaga kerja dan memperluas pabrik agar dapat mewujudkan efisiensi pabrik. Maka dari itu seorang manajer operasional mengeluarkan keputusan relatif untuk memperluas pabrik dan manajer hrd nya menambah tenaga pabrik untuk proyek perluas pasar bersaing dengan produksi hp B. Relatif disini berarti mengambil keputusan yang baru dan tidak mutlak karena keputusan ini tidak selalu di buat oleh seorang manajer. hanya untuk kasus ini saja.





author : Imam Kurnia A.

0 Komentar:

Post a Comment