RANCANGAN RISET DESRIPTIF : SURVEY DAN
PENGAMATAN
METODA SURVEY
adalah kuesioner yang terstruktur yang diberikan ke responden yang
dirancang untuk mendapatkan informasi spesifik . Maka , metoda ini memperoleh
informasi berdasarkaan pertanyaan yang diajukan keresponden . Pertanyaan-pertanyaan
ini bisa diajukan secara verbal , dalam bentu tertulis , atau melalui komputer
, dan tanggapan dapat diperoleh dari salah satu bentuk tersebut . Umumnya
pertanyaan bersifat terstruktur . Terstruktur disini merujuk pada tingkat
standarisasi yang diterapkann terhadap proses pengumpulan data . PENGUMPULAN
DATA TERSTRUKTUR , kuesioner formal disiapkan dan pertanyaan diajukan dalam
urutan yang telah disusun sebelumnya ; maka proses tersebut juga bersifat
langsung .
KLASIFIKASI METODA SURVEY BERDASARKAN MODE ADMINISTRASI
Kuesioner survey
dapat dikelola dalam empat model utama .
1.
Wawancara telepon
2.
Wawancara personal
3.
Wawancara surat
4.
Wawancara elktronik
Wawancara telepon dapat diklasifikasikan lebih
lanjut menjadi wawancara telepon
tradisional dan wawancara telepon berbantuan komputer . Wawancara personel mungkin berupa
wawancara dirumah , mall intercept ,
atau sebagai wawancara personal berbantuan komputer . Metode utama yang ke tiga
, wawancara surat , mengambil bentuk survai atau survey yang menggunakan panel
surat . Penggunaan metoda elektronik , khususnya survei internet , tumbuh
dengan cepat .
EVALUASI KOMPARATIF METODA SURVEY
FLEKSIBILITAS PENGUMPULAN DATA
Fleksibilitas
pengumpulan data ditentukan terutama oleh sampai sejauh mana responden dapat
berinteraksi dengan pewawancara dan dengan kuesioner survey .
KERAGAMAN
PERTANYAAN
Keragaman
pertanyaan yang dapat diajukan dalam survey tergantung pada derajat interaksi
antara responden dengan pewawancara dan dengan kuesioner , serta kemampuan
untuk melihat dengan sebenarnya pertanyaan . Keragaman pertanyaan yang luas
dapat ditanyakan dalam wawancara personal karena responden dapat melihat
kuesioner dan pewawancara hadir untuk mengklarifikasi pertanyaan yang sama .
PENGGUNAAN STIMULUS
FISIK
Seringkali
perlu atau penting untuk menggunakan stimulus fisik seperti produk , prototipe
produk , iklan , atau pajangan promosi selama wawancara . Survey surat dan panel surat bersifat sedang dalam hal dimensi ini ,
karena kadang-kadang memungkinkan bagi kita untuk mengirimkan perangkat bantuan
atau bahkan sampai produk .
PENGENDALIAN SAMPEL
Pengendalian
sampel adalah kemampuan mode survey untuk mencapai unit-unit tertentu didalam sampel secara efektif
dan efisien .
PENGENDALIAN
LINGKUNGAN PENGUMPULAN DATA
Derajat
pengendalian yang dimiliki peneliti atas lingkungan responden menjawab
kuesioner adalah faktor yang membedakan berbagai model survey . Wawancara
personal yang dilakukan dilokasi sentral menawarkan derajat pengendalian
lingkungan terbesar .
PENGENDALIAN
TENAGA LAPANGAN
Tenaga
lapangan terdiri dari pewawancara dan penyedia yang terlibat dalam pengumpulan
data . Karena tidak membutuhkan personil semacam ini , survey surat , panel
surat , survey email , dan survey internet menghilangkan masalah lapangan .
KUANTITAS DATA
Wawancara
personal dirumah memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data dalam jumlah banyak . Hubungan sosial antara
pewawancara dengan responden , serta lingkungan tempat tinggal , memotivasi
responden untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk wawancara . Dalam
wawancara personal , upaya yang dibutuhkan responden lebih sedikit dibandingkan
dengan wawancara telepon atau wawancara surat .
TINGKAT
TANGGAPAN ( Respon Rate )
Tingkat
tanggapan survey didefenisikan secara umum sebagai persentasi seluruh upaya
wawancara yang diselesaikan . Wawancara personal , dirumah mall intercept dan
wawancara bantuan komputer menghasilkan tingkat tanggapan tertinggi .
PERCEIVED ANONYMITY (
Anonimitas yang dipersepsikan )
Perceived
Anonymity merujuk pada persepsi responden bahwa pewawancara atau peneliti tidak
akan membuka identitas mereka . Perceived anonymity responden tinggi pada
survey surat , panel surat , dan survey internet ,arena tidak ada kontak dan
pewawancara pada saat memberikan tanggapan . Perceived Anonymity rendah pada
wawancara personal arena kontak tatap muka dengan pewawancara .
SOSIAL DESIRABILITY ( Minat Sosial ) / Informasi
Sensitif
Sosial
Desiribility adalah kecenderungan responden untuk memberikan jawaban yang
mungkin tidak akurat . Namun yang mungkin diharapkan dari sudut pandang sosial
.
POTENSI
BIAS PEWAWANCARA
Pewawancara
dapat membuat bias hasil survey melalui cara mereka :
1.
Memilih responden ( mewawancarai
orang lain padahal yang perlu diwawancarai adalah Pria kepala rumah tangga ) .
2.
Menanyakan pertanyaan riset (
Menghilangkan pertanyaan )
3.
Merekam jawaban ( Merekam jawaban
tidak benar atau tidak lengkap ).
KECEPATAN
Internet
sampai saat ini merupakan metoda paling cepat dalam memperoleh data dari
responden dalam jumlah yang besar . Pertama , kecepatan dalam hal menciptakan
kuesioner distibusinya ke responden ,
dan pengambilan data . Karena percetakan , pengiriman dan penundaan perekaman
data dihilangkan , peneliti dapat memperoleh data dalam beberapa jam setelah
penulisan kuesioner internet . Data diperoleh dalam bentuk elektronik sehingga
rangkuman analisis statistik dapat diprogram untuk memproses kuesioner baku dan
menghasilkan rangkuman dan grafik statistik secara otomatis .
BIAYA
Untuk sampel besar , survey internet adalah yang
paling murah . Biaya percetakan , pengiriman , pengetikan , dan pewawancara ,
dan biaya total peresponden biasanya rendah , sehingga studi dengan responden
dalam jumlah besar dapat dilaksanakan dengan penghematan yang berarti
dibandingkan dengan survey surat , telepon , personal .
PEMILIHAN METODA SURVEY
Tergantung
pada faktor seperti kebutuhan informasi
, kendala anggaran ( waktu dan uang ) , dan karakteristik responden ,
tidak satupun , satu dua atau bahkan seluruh metoda mungkin sesuai .
METODA PENGAMATAN
Metoda pengamatan adalah jenis metodologi
kedua yang digunakan dalam riset deskriptif . Pengamatan adalah perekaman pola
prilaku orang objek dan peristiwa dengan cara yang sistematik untuk memperoleh
informasi mengenai informasi yang sedang diteliti . Pengamatan tidak mengajukan
pertanyaan atau berkomunikasi dengan orang yang sedang diamati . Informasi
dapat direkam pada saat peristiwa terjadi atau dari catatan peristiwa masa lalu
. Metoda pengamatan bisa bersifat terstruktur atau tidak terstruktur , langsung
maupun tidal langsung .
METODA
PENGAMATAN MENURUT MODE ADMINISTRASI
Metoda pengamatan dapat diklasifikasikan
menurut mode administrasi menjadi pengamatan personal, pengamatan mekanik, audit, analisis kandungan dan
analisis jejak.
EVALUASI KOMPARATIF METODA PENGAMATAN
Metoda pengamatan yang berbeda di
evaluasi dalam hal derajat struktur, derajat
penyamaran, kemampuan mengamati dalam setting alami, bias pengamatan, bias
pengukuran dan analisis, serta faktor – faktor umum tambahan.
PERBANDINGAN
METODA SURVEY DAN METODA PENGAMATAN
Kelebihan Relatif
Pengamatan
Kelebihan terbesar metoda pengamatan adalah
bahwa metoda-metoda tersebut memungkinkan penguuran perilaku aktual ketimbang
laporan mengenai perilaku yang diharapkan atau lebih dipilih. Tidak ada bias
pelaporan, dan potensi bias disebabkan oleh pewawancara dan proses wawancara di
hilangkan atau di kurangi.
Kekurangan
Relatif Pengamatan
Kekurangan metoda pengamatan yang paling utama
adalah alasan perilaku yang diamati mungkin tidak bisa ditentukan karena
sedikit yang bisa di ketahui dari motif, kepercayaan, sikap dan preferensi
dasar.
RISET
PEMASARAN INTERNASIONAL
Pemasaran global menghadapi beberapa tantangan
dalam pengumpulan data menggunakan survey. Tampaknya metodologi pengumpulan
data tunggal tidak akan efektif dalam studi riset multi-negara. Tingkat tanggapan survey surat dan survey
telepon jauh lebih rendah dalam studi pemasaran di luar negeri. Teknik
wawancara personal tetap menjadi teknik riset yang paling populer digunakan
secara internasional.
ETIKA
DALAM RISET PEMASARAN
Penggunaan riset survey secara tidak etis
seperti penyamaran untu penjualan atau penggalangan. Masalah etika lainnya yang
penting dalam riset survey dan pengamatan adalah anoninitas responden. Peneliti
mempunyai tanggung jawab tidak memberi tahukan
nama responden kepada pihak lain, termasuk kepada klien.
APLIKASI
INTERNET DAN KOMPUTER
Survey internet sedang mendapatkan
popularitasnya. Satu alasan, dalam sebagian besar kasus, lebih rendah daripada
survey telepon dan surat atau wawancara personal. Selain itu, survey
internet tida membuat responden “tidak
nyaman” seperti panggilan telepon pada jam makan malam. Survey internet dapat
di selesaikan dalam waktu dan tempat yang cocok untuk seseorang. Waktu
tanggapan yang cepat merupakan kelebihan survey online yang lain.
Internet
dapat merupakan sumber sangat baik untuk pengamatan dan dapat menyediakan
informasi yang bermanfaat. Pengamatan dapat dibuat dengan berbagai cara.
Pengamatan primer dapat dilakukan
berdasarkan beberapa kali web page di kunjungi: waktu yang dihabiskan
untuk page dapat diukur dengan cara terbaru yaitu memulai sebuah timer pada
saat orang mengunjungi page click mengenai ikon tertentu dan menghentikan timer
pada saat mereka mengklik tombol selanjutnya.
0 Komentar:
Post a Comment