Wednesday, February 26, 2014

RANCANGAN RISET EKSPLORATIF DATA SEKUNDER

RANCANGAN  RISET EKSPLORATIF  DATA SEKUNDER


Data Primer Versus Data Sekunder
         Data primer dibuat oleh peneliti untuk maksud khusus menyelesaikan permasalahan yang sedang ditangani . Pengumpulan data primer meliputi enam langkah proses riset pemasaran  antara lain : Defenisi masalah , Pengembangan pendekatan terhadap masalah , formulasi rancangan riset , Kerja lapangan atau pengumpulan data , Penyiapan dan analisi data , dan yang terakhir Penyiapan dan Presentasi laporan . Proses riset dari data primer yang meliputi enam langkah diatas memerlukan biaya yang besar berbeda dengan data sekunder .
           Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan untuk maksud selain untuk menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi . Data ini dapat ditemukan dengan cepat serta tidak mahal . Sebagai contoh Dalam sebuah proyek Toserba data sekunder berisi kriteria yang digunakan Rumah tangga untuk memilih toserba didapatkan dari jurnal pemasaran ( journal of Retailing , journal of Marketing , Journal of the academy of marketing science , dan Journal of marketing research ) .

MANFAAT DAN PENGGUNAAN DATA SEKUNDER
          Walaupun data sekunder jarang dapat memberikan semua jawaban bagi masalah riset yang tidak rutin , data semacam itu dapat bermanfaat dalam berbagai cara . Data sekunder dapat membantu anda :
1.      Mengidentifikasi masalah
2.      Mendefinisikan masalah secara lebih baik
3.      Mengembangkan pendekatan masalah
4.      Memformulasikan rancangan riset yang sesuai ( misalnya ; dengan mengidentifikasi variabel kunci )
5.      Menjawab pertanyaan riset dan menguji beberapa hipotesis
6.      Menafsirkan data primer secara lebih jelas



KELEMAHAN DATA SEKUNDER
          Kelemahan dari data sekunder yang sering dihadapi terkait dalam beberapa hal penting , termasuk relevansi dan akurasi . Tujuan sifat dan metode yang digiunakan untuk mengumpulkan data sekunder mungkin tidak cocok untuk keadaan saat ini . Selain itu , data sekunder mungkin kurang akurat , atau mungkin tidak lengkap , tidak aktual dan tidak andal.

KRITERIA UNTUK MENGEVALUASI DATA SEKUNDER
         Kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi data sekunder , antara lain:
1.      Spesifikasi : Metodologi Pengumpulan Data
           Spesifikasi , atau  metodologi yang digunakan untuk mengumpulkan data , harus diuji secara kritis untuk mengidentifikasi sumber bias yang mungkin . Pertimbangan metodologi semacam ini termasuk ukuran dan sifat sampel , tingkat tanggapan dan kualitas , rancangan kuesioner serta administrasi  , prosedur yang digunakan dalam kerja lapangan , analisis data , dan prosedur pelaporan . Hal-hal tersebut menyediakan informasi yang dapat dipercaya , serta validitas data dan membantu menentukan apakah data dapat digeneralisasikan untuk masalah yang di hadapi .
2.      Error : Akurasi Data
        Riset harus menentukan apakah data cukup akurat untuk maksud studi . data sekunder dapat mempunyai sejumlah sumber kesalahan , atau ketidak akuratan dalam langkah-langkah proyek : pendekatan , rancangan riset , sampling , pengumpulan data , analisis dan pelaporan . Lebih dari itu , mengevaluasi akurasi data sekunder merupakan hal yang sulit karena peneliti tidak terlibat dalam riset . Satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah menemukan banyak sumber data dan membandingannya menggunakan prosedur data statistik .
          Akurasi data sekunder dapat beragam , khususnya jika data tersebut dikaitkan dengan fenomena yang dapat berubah . Selain itu , data yang diperoleh dari sumber yang berbeda mungkin tidak cocok . Dalam hal ini , peneliti harus memeriksa akurasi data sekunder dengan melakukan studi pilot atau dengan metoda lain yang cocok . Seringkali , dengan menggunakan kreativitas , hal ini dapat dilakukan tanpa banyak biaya atau upaya .

KEMUTAKHIRAN : KAPAN DATA DIKUMPULKAN
         Data sekunder mungkin tidak mutakhir , dan jeda waktu antara pengumpulan data dengan publikasinya bisa panjang , seperti dalam kasus banyak data sensus . Lebih dari itu ,data tidak cukup sering dimutakhirkan bagi masalah yang sedang ditangani . Riset pemasaran memerlukan data mutakhir ; oleh karena itu nilai dari data sekunder akan semakin berkurang dengan berlalunya waktu . Misalnya , data populasi tahun 2000 yang komprehensif , mungkin tidak dapat diterapkan bagi wilayah kota besar yang populasinya berubah dengan sangat cepat selama dua tahun terakhir . Untungnya , beberapa perusahaan riset pemasaran memutakhirkan data sensus secara periodik dan membuat informasi mutakhir tersedia atas dasar sindikasi ( syndicated ) .

TUJUAN : MAKSUD DIKUMPULKAN DATA
           Data senantiasa dikumpulkan dengan tujuan tertentu , dan pertanyaan mendasar terlebih dahulu yang harus dijawab adalah mengapa mereka mengumpulkan data . Tujuan pengumpulan data pada akhirnya akan menentukan maksud relavansi dan kegunaan informasi . Data yang dikumpulkan dengan tujuan tertentu mungkin tidak sesuai dalam situasi yang lain . Sebagaimana dijelaskan secara rinci kemudian dalam bab ini , scanner yang menelusuri data jejak volume
 ( scanner volume tracking data ) dikumpulkan dengan menguji pergerakan agregat merk , termasuk pergeseran pangsa pasar .

SIFAT : ISI DATA
          Sifat , atau isi data harus diuji dengan menaruh perhatian khusus pada defenisi variabel-variabel kunci , unit pengukuran , kategori yang digunakan , serta hubungan yang diuji . Jika variabel-variabel kunci belum di defenisikan atau didefinisikan dengan cara yang tidak konsisten dengan definisi peneliti , maka kegunaan data menjadi terbatas .



KEANDALAN : SEBERAPA ANDAL DATA ?
          Indikasi keseluruhan mengenai keandalan data dapat diperoleh dengan menguji kepakaran ,  kredibilitas , reputasi , dan kejujuran sumber . Informasi ini dapat diperoleh dengan memeriksa kepihak lain yang telah menggunakan informasi yang diberikan sumber tadi . Data yang dipublikasikan untuk mempromosikan penjualan , untuk mencapai kepentingan tertentu atau untuk membawa propaganda harus dipandang dengan waspada .

KLASIFIKASI DATA SEKUNDER
      Data sekunder dapat diklasifikasikan menjadi internal dan eksternal , yaitu sebagai berikut :
Ø  Data internal adalah data yang dihasilkan di dalam organisasi melalui pelaksanaan riset . Informasi ini bisa tersedia dalam bentuk format yang siap pakai , seperti informasi yang dipasok secara rutin oleh bagian pendukung keputusan manajemen . Di pihak lain ada juga data yang tersedia dalam perusahaan tetapi masih perlu diproses sebelum digunakan oleh peneliti .
Ø  Data eksternal adalah data yang dihasilkan diluar perusahaan . Data ini bisa tersedia dalam bentuk bahan terbitan , online database , atau informasi yang disediakan layanan sindikasi . Sebelum mengumpulkan data sekunder eksternal perlu dilakukan analisis data sekunder internal terlebih dahulu .
           
            DATA SEKUNDER INTERNAL
                        Data sekunder internal mempunyai dua manfaat penting . Data ini tersedia dengan mudah dan murah . Dalam kenyataan , sumber data sekunder internal biasanya paling dibandingkan sumber informasi riset pemasaran lainnya ; walaupun data internal ioni tidak di eksploitasi secara penuh . Namun demikian kecenderungan ini berubah seiring meningkatnya popularitas database pemasaran . Pemasaran Databese  meliputi penggunaan komputer untuk menangkap dan mengetahui jejak profil pelanggan dan rincian pembeli . Informasi sekunder ini berperan sebagai dasar bagi program pemasaran atau sebagai sumber informasi internal yang berhubungan dengan perilaku pelanggan .

           
            DATA SEKUNDER EKSTERNAL YANG DIPUBLIKASIKAN
          Sumber publikasi internal dapat diklasifikasikan secara umum menjadi data bisnis umum dan data pemerintah . Sumber data bisnis umum terdiri dari guide , direktori  , indeks dan data statistik . Sumber data pemerintah dapat dikategorisasikan secara luas menjadi data sensus dan publikasi lainnya .
          Data Bisnis Umum , informasi ini tidak dapat dicari dengan menggunakan petunjuk        ( guide ) , direktori , dan indeks  . Sumber-sumber juga tersedia untuk mengidentifikasi data statistik .
*     Petunjuk ( Guide ) . Guide merupakan sumber yang paling baik untuk informasi standar atau memunculkan kembali informasi . Guide dapat membantu mengidentifikasi sumber paling penting lainnya , seperti direktori , asosiasi perdagangan , serta publikasi perdagangan  . Guide merupakan salah satu dari sember-sumber pertama yang dirujuk peneliti .
*     Direktori . Direktori berguna untuk mengidentifikasi individu atau organisasi yang mengumpulkan data spesifik .
*     Indeks . Pencarian informasi mengenai topik-topik tertentu dalam berbagai publikasi yang berbeda mungkin dilakukan dengan menggunakan indeks . Oleh karena itu indeks dapat meningkatkan efisiensi proses riset .
*     Data Statistik Non Pemerintah . Data statistik yang dipublikasikan diperlukan oleh para peneliti . Analisis grafik dan statistik dapat dilakukan terhadap data-data ini untuk mendapatkan gambaran umum .

         Sumber  Pemerintah
            Publikasi pemerintah dapat di bagi menjadi data sensus dan publikasi lain :
*     Data Sensus  adalah data yang berkualitas tinggi dan seringkali sangat rinci .
*     Publikasi Pemerintah . Selain sensus pemerintah federal mengumpulkan dan mempublikasikan data statistik dalam jumlah yang besar .

KOMPUTERISASI  DATABASE
      Klasifikasi komputerisasi database dapat diklasifikasikan menjadi database online internet dan offline . Database online terdiri dari bank data sentral , yang diakses dengan komputer yang memerlukan jaringan telekomunikasi untuk mengaksesnya . Database internet dapat diakses , dicari , dan dianalisis di internet . Kita juga dapat mendownload data dari internet dan menyimpannya dalam komputer atau perangkat penyimpanan data tambahan . Offline database adalah database yang tersedia dalam disket atau CD ROM .
       Data base online internet dan offline dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi Bibliografi , Numerik , Direktori , atau databse dengan kegunaan khusus . Database Bibliografi tersusun atas cuplikan artikel dalam jurnal , majalah , surat kabar , studi riset pemasaran , laporan teknis , dokumen pemerintah , dan yang sejenisnya . Database semacam ini seringkali memberikan rangkuman atau abstraksi  dari bahan yang di sadur.
Database numerik berisis informasi numerik dan statistik yang bisa menjadi sumber data sekunder yang penting . Database direktori menyediakan informasi mengenai informasi perorangan , organisasi , dan jasa . Database dengan kegunaan khusus database yang berisisi informasi khusus , misalnya data mengenai industri spesifik .
  
SUMBER DATA SEKUNDER SINDIKASI
        Database sindikasi yang juga disebut sebagai layanan sindikasi , adalah perusahaan-perusahaan yang mengumpulakan serta menjual data hasil poling umum yang bernilai komersial , dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diberikan kepada klien. Data-data ini tidak dikumpulkan untuk maksud riset pemasaran spesifik sebuah perusahaan , tapi data dan laporan yang dipasok ke perusahaan klien yang disesuiakan untuk memenuhi kebutuhan khusus .

DATA SINDIKASI DARI RUMAH TANGGA
Survey  adalah wawancara terhadap responden yang banyak jumlahnya dengan menggunakan kuesioner yang dirancang sebelumnya . Survey secara umum diklasifikasikan berdasarkan isinya menjadi survei psikografi dan survei gaya hidup , evaluasi iklan dan survei umum .
*     Psikografi dan gaya hidup . Psikografi merujuk pada profil sikologi-sikologi individu dan secara sikologis mengukur gaya hidup . gaya hidup merujuk pada cara masyarakat atau segmen masyarakat menjalani hidup  yang khas yang diuraikan oleh kegiatan yang dilakukan orang rumah minat yang mereka milii , serta pendapat mereka mengenai diri mereka sendiri , serta mengenai dunia sekeliling mereka .
*     Evaluasi pemasangan iklan . maksud dilakukannya evaluasi pemasangan iklan adalah mengkaji efektifitas pemasangan iklan menggunakan media cetak dan media share atau broadcast .
*     Survey umum . survey juga dilakukan untuk maksud lainnya , termasuk pengujian perilaku pembeli dan konsumsi .

DATA SINDIKASI DARI LEMBAGA-LEMBAGA
      Audit Pengecer dan Pedagang Besar
Cara mendapatkan data dari para pengecer dan pedagang besar yang paling populer adalah audit . Audit adalah pengujian dan pengkajian formal mengenai pergerakan produk yang dilakukan secara tradisional oleh auditor yang langsung mengunjungi gerai eceran dan perdagangan besar serta menguji catatan fisik atau menganalisis persediaan . Pengecer dan pedagang besar yang berpartisipasi dalam audit menerima laporan dasar serta pembayaran tunai dari perusahaan audit . Audit terfokus pada produk atau jasa yang terjual di seluruh gerai atau pada karakteristik gerai itu sendiri .
       Penggunaan Data Audit . Penggunaan data audit pengecer dan pedagang besar mencakup :
1 . Menentukan ukuran total pasar dan distribusi penjualan menurut jenis gerai , wilayah dan kota .
2 . Mengkaji pangsa merek dan aktivitas persaingan .
3 . Mengidentifikasi alokasi uang rak dan masalah persediaan .
4 . Menganalisis masalah distribusi .
5 . Membangun potensi dan peramalan penjualan .
6 . Mengembangkan dan memantau alokasi promosi berdasarkan volume penjualan .
    
        Keunggulan dan Kelemahan Data Audit :
         Audit menyediakan  informasi yang relatif  akuran mengenai pergerakan banyak produk yang berbeda pada tingkat pedagang besar dan pengecer . Lebih jauh , informasi ini dapat dipecah menjadi sejumlah variabel pentih seperti merek , jenis gerai , dan ukuran pasar .
        Namun demikian , audit mempunyai cakupan yang terbatas . Tidak semua pasar atau operator dilibatkan . Selain itu , informasi audit mungkin tidak diperoleh dengan cepat dan mutakhir , dibandingkan data scanner .

RISET PEMASARAN INTERNASIONAL
       Data sekunder yang sangat beragam tersedia bagi riset pemasaran internasional.
Seperti halnya dalam riset domestik , masalah yang ada bukanlah kurangnya data melainkan informasi yang tersedia terlampau banyak , sehingga penting untuk mengklasifikasikan sumber-sember informasi yang berbeda .
       Evaluasi data sekunder dalam proyek internasional jauh lebih penting dibandingkan dalam  proyek domestik . Sumber-sumber yang berbeda melaporkan nilai yang berbeda untuk statistik tertentu . Satuan pengukuran mungkin tidak ekivalen antar negara . Akurasi data sekunder dapat juga beragam dari negara ke negara . Statistik usaha dan penghasilan sangat mempengaruhi struktur pajak dan tingkat penghindaran pajak .

ETIKA DALAM RISET PEMASARAN
        Peneliti secara etika bertanggungjawab untuk memastikan relavansi dan kegunaan data sekunder dengan dan untuk masalah yang sedang ditangani . Hanya data yang dinilai sesuai yang digunakan . Penting juga dipastikan bahwa data dikumpulkan dengan cara yang bai secara moral . Data dapat dinilai tidak etis jika dikumpulkan dengan cara yang membahayakan responden atau melanggar wilayah pribadi mereka . Masalah etika juga muncul jika pengguna data sekunder mengkritik data yang tidak mendukung kepentingan dan pandangan mereka .

APLIKASI INTERNET DAN KOMPUTER
       Situs internet sebagai sumber data sekuder , situs internet merupakan sumber penting data sekunder bagi peneliti pemasaran . Pencarian difasilitasi oleh mesin pencari umum seperti Yahoo atau Alta Vista , yang memerlukan hanya kata kunci untuk mendapatkan ratusan situs yang terkait dengan subyek .
Data Sekunder Internal
            Organisasi besar memiliki intranet yang memfasilitasi pencarian data sekunder internal . Jika sudah diketahui lokasinya , informasi dapat diakses secara online . Bahkan informasi sensitif dan terbataspun dapat di akses jika mendapatkan izin secara elektonik . Organisasi yang melakukan bisnis di internet mempunyai kelebihan yang alami dalam membangun database . database pelanggan dan mengimplementasikan program pemasaran database .

Sumber Bisnis Umum
            Informasi bisnis amerika dapat diperoleh dengan mengunjungi berbagai situs yang terkait dengan bisnis yang menyediakan data penjualan , mailing list , profil bisnis , dan peringkat kredit .

Data Pemerintah
            Salah satu sumber utama data sekunder adalah pemerintah . Beberapa sumber pemerintahan amerika serikat dapat dijangkau dari FedWorld . Peneliti dapat mengunjungi Goverment Information Location Service .

Database Komputer
            Database komputer yang kita bahas dapat juga di akses melalui internet .

Sumber Informasi Sindikasi
            Untuk mendapatkan sumber informasi sindikasi , kita dapat mengunjungi homepage berbagai perusahaan riset pemasaran dan penyedia informasi sindikasi .

Data Sekunder Internasional
            Beberapa situs internet menyediakan beberapa data sekunder internasional . Komputer dapat digunakan tidak hanya untuk mengakses tetapi juga untuk menganalisis dan menyimpan ionformasi yang tersedia dalam database online maupun offline .


SPSSWindows

            Peta-peta SPSS sangat terpadu dengan menu dasar SPSS , memungkinkan anda memetakan berbagai data . anda dapat memilih dari enam peta tematik dasar atau menciptakan peta baru dengan mengkombinasikan pilihan peta . Peta semacam itu dapat digunakan untuk berbagai maksdu , termasuk menginterpretasikan data penjualan dan data lainnya secara geografis untuk menentukan dimana pelanggan terbesar berada, menampilakan tren lokasi geografi tertentu , menggunakan informasi tren pembelian untuk menentukan lokasi  ideal bagi toko perusahaan baru dan sebagainya . Berkebalikan dengan data primer yang dibuat oleh peneliti untuk maksud khusus masalah yang sedang ditangani , data sekunder adalah data yang dikumpulkan untuk maksud yang lain  . Data sekunder dapat diperoleh dengan cepat dan relatif murah . Namun demikian data sekunder memiliki keterbatasan dan harus di evaluasi secara hati-hati untuk menentukan kesesuaiannnya dengan masalah yang sedang ditangani .  Kriteria Evaluasi terdiri dari spesifikasi , kesalahan , kemuktahiran, objektivitas , sifat dan keandalan .

0 Komentar:

Post a Comment