Tuesday, March 4, 2014

Penganggaran perusahaan : GAMBARAN UMUM TENTANG BUDGET

GAMBARAN UMUM TENTANG BUDGET

Pengertian Budget
            Dimaksudkan dengan business budget atau budget (anggaran) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis , yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan , yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang .

Empat Unsur Budget :
1.          Rencana , ialah suatu penentuan terlebih dahulu tentang aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan diwaktu yang akan datang . Budget juga merupakan suatu rencana , karena budget merupakan penentuan terlebih dahulu tentang kegiatan-kegiatan perusahaan diwaktu yang akan datang . Hanya saja merupakan suatu rencana yang mempunyai spesifikasi-spesifikasi khusus , seperti misalnya disusun secara sistematis , mencakup seluruh kegiatan perusahaan , dinyatakan dalam unit moneter .
2.          Meliputi seluruh kegiatan perusahaan , yaitu mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan oleh semua bagian-bagian yang ada dalam perusahaan . Secara garis besar kegiatan-kegiatan (fungsi) , yaitu kegiatan pemasaran (marketing) , kegiatan produksi (producing) , kegiatan pembelanjaan (financing) , kegiatan administrasi (administrating) , serta kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masalah personalia (personnel) .
3.          Dinyatakan dalam unit moneter , yaitu unit (kesatuan) yang dapat diterapkan pada berbagai kegiatan perusahaan yang beragam-ragam . Adapun unit moneter yang berlaku diindonesia ialah unit “rupiah” . Unit moneter ini sangat  diperlukan , mengingat bahwa masing-masing kegiatan perusahaan yang beraneka ragam tersebut sering mempunyai kesatuan unit yang berbeda-beda , seperti misalnya bahan mentah menggunakan kesatuan berat (kilogram dan sebagainya) , kesatuan panjang (meter dan sebagainya) , kesatuan luas (meter persegi dan sebagainya) , kesatuan isi (liter dan sebagainya) , tenaga kerja menggunakan kesatuan jam kerja atau kesatuan waktu (harian,mingguan,bulanan dan sebagainya) , Tenaga listrik menggunakan kesatuan watt , pengangkutan menggunakan satuan jarak (kilometer dan sebagainya) . Dengan unit moneter  dapatlah diseragamkan semua kesatuan yang berbeda tersebut , sehingga memungkinkan untuk dijumlahkan , diperbandingkan serta analisa lebih lanjut .
4.          Jangka waktu tertentu yang akan datang , yang menunjukkan bahwa budget berlakunya untuk masa yang akan datang . Ini berarti bahwa apa yang dimuat didalam budget adalah taksiran-taksiran (forecast) tentang apa yang akan terjadi serta apa yang akan dilakukan diwaktu yang aan datang . Dalam kaitannya dengan masalah jangka waktu ( periode ) Budget dikenal dengan dua macam budget , yaitu :
1)    Budget Strategis (strategic budget) , ialah budget yang berlaku untuk jangka panjang , yaitu jangka waktu yang melebihi satu periode akuntansi (melebihi satu tahun) .
2)    Budget Taktis ( tactical budget) , ialah budget yang berlaku untuk jangka pendek , yaitu satu periode akuntansi atau kurang . Budget yang disusun untuk satu periode akuntansi (setahun penuh)  dinamakan budget periodik , sedangkan budget yang disusun untuk jangka waktu yang kurang dari satu periode akuntansi (misalnya hanya untuk jangka tiga bulan dan sebagainya ) dinamakan budget bertahap  (continuous budget) .


Kegunaan Budget :
1)    Sebagai pedoman kerja
Budget berfungsi sebagai pedoman kerja dan memberikan arah serta sekaligus memberikan target-target yang harus dicapai oleh kegiatan-kegiatan perusahaan di waktu yang akan datang .
2)    Sebagai alat pengkoordinasian kerja
Budget berfungsi sebagai alat untuk pengkoordinasian kerja agar semua bagian-bagian yang terdapat didalam perusahaan dapat saling menunjang , saling bekerja sama dengan baik , untuk menuju ke sasaran yang telah ditetapkan . Dengan demikian kelancaran jalannya perusahaan akan lebih terjamin .
3)    Sebagai alat pengawasan kerja
Budget berfungsi pula sebagai tolak ukur , sebagai alat pembanding untuk menilai (evaluasi) realisasi kegiatan perusahaan nanti . Dengan membandingkan antara apa yang tertuang didalam budget dengan apa yang dicapai oleh realisasi kerja perusahaan , dapatlah dinilai apakah perusahaan telah sukses bekerja ataukah kurang sukses .

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyusunan Budget
·         Faktor-faktor Intern , yaitu data , informasi dan pengalaman yang terdapat didalam perusahaan sendiri . Faktor-faktor tersebut antara lain berupa :
a.    Penjualan tahun-tahun yang lalu .
b.    Kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual , syarat pembayaran barang yang dijual , pemilihan saluran distribusi dan sebagainya .
c.    Kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan
d.    Tenaga kerja yang dimiliki perusahaan , baik jumlahnya kuantitatif maupun keterampilan dan keahliannya kualitatif .
e.    Modal kerja yang dimiliki perusahaan .
f.     Fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki perusahaan .
g.    Kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perusahaan , baik dibidang pemasaran , dibidang produksi , dibidang pembelanjaan , dibidang administrasi maupun dibidang personalia .
·         Faktor-faktor Ekstern , yaitu data , informasi dan pengalaman yang terdapat diluar perusahaan , tetapi dirasa mempunyai pengaruh terhadap kehidupan perusahaan . Fator-faktor tersebut antara lain berupa :
a.    Keadaan persaingan
b.    Tingkat pertumbuhan penduduk
c.    Tingkat penghasilan masyarakat
d.    Tingkat pendidikan masyarakat
e.    Tingkat penyebaran penduduk
f.     Agama , adat istiadat , dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat
g.    Berbagai kebijaksanaan pemerintah , baik dibidang politik , ekonomi , sosial , budaya maupun keamanan
h.    Keadaan perekonomian nasional maupun internasional , kemajuan teknologi dan sebagainya .

Hubungan Budget dengan Management
            Fungsi (kegunaan) budget yang pokok adalah sebagai pedoman kerja , sebagai alat pengkoordinasian kerja dan sebagai alat pengawasan kerja . Bilamana dibandingkan dengan fungsi-fungsi management tersebut , nampaklah bahwa budget mempunyai kaitan yang sangat erat dengan management , khususnya yang berhubungan dengan penyusunan rencana (planning) , Pengkoordinasian kerja (coordinating) dan pengawasan kerja (controling) . Dengan demikian nampaklah bahwa budget adalah alat bagi management untuk membantu menjalankan fungsi-fungsinya .

Hubungan Budget dengan Akuntansi
            Akuntansi menyajikan data-data historis , menyajikan peristiwa-peristiwa finansial yang terjadi dari hari ke hari secara teratur dan sistematis . Sedangkan budget menyajikan data-data taksiran untuk jangka waktu tertentu yang akan datang. Bilamana dihubungkan , maka terlihatlah bahwa antara budget dengan akuntansi mempunyai kaitan yang sangat erat .

Hubungan Budget dengan Statistika dan Matematika
            Statistika dan matematika sangat diperlukan untuk menyusun budget . Ketepatan mengadakan taksiran-taksiran disamping tergantung pada kelengkapan tersedianya data , juga tergantung pada ketepatan penggunaan metode statistika dan matematika yang dipergunakan untuk mengolah serta menganalisa data tersebut .

Pengertian Budgeting
            Budgeting ialah proses kegiatan yang menghasilkan budget tersebut sebagai hasil kerja (output) , serta proses kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi-fungsi budget , yaitu fungsi-fungsi pedoman kerja , alat pengkoordinasian kerja dan alat pengawasan kerja .

Prosedur Penyusunan Budget
            Pada dasarnya yang berwenang dan bertanggung jawab atas penyusunan budget serta pelaksanaan kegiatan budgeting lainnya , ada ditangan pimpinan tertinggi perusahaan .Hal ini disebabkan karena pimpinan tertinggi perusahaanlah yang paling berwenang dan paling bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan perusahaan secara keseluruhan . Namun demikian tugas menyiapkan dan menyusun budget serta kegiatan-kegiatan budgeting lainnya tidak harus ditangani sendiri oleh pimpinan tertinggi perusahaan , melainkan dapat didelegasian kepada bagian lain dalam perusahaan , misalnya Bagian administrasi  dan  Panitia budget .

Isi Budget
1.    Budget taksiran yaitu budget yang berisi taksiran-taksiran tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang , serta taksiran-taksiran tentang keadaan atau posisi finansial perusahaan pada suatu saat tertentu yang akan datang .
2.    Variabel Budget yaitu budget yang berisi tentang tingkat perubahan biaya atau tingkat variabilitas biaya , khususnya biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya “semi-variabel” , sehubungan dengan adanya perubahan produktivitas perusahaan .
3.    Analisa statistika dan matematika pembantu , yaitu analisa-analisa statistika dan matematika yang dipergunakan untuk membuat taksiran-taksiran serta yang dipergunakan untuk mengadakan penilaian(evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja .
Laporan Budget yaitu laporan realisasi pelaksanaan budget , yang dilengkapi dengan berbagai analisa perbandingan antara budget dengan realisasinya itu, sehingga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi , baik penyimpangan yang bersifat positif ( menguntungkan ) maupun bersifat negatif ( merugikan ) dapat diketahui sebab-sebab terjadinya penyimpangan tersebut , sehingga dapat ditarik beberapa kesimpulan dan beberapa tindak lanjut (follow-up) yang segera perlu dilakukan 

0 Komentar:

Post a Comment