Tuesday, March 4, 2014

Sistem Informasi Manajemen : PENGEMBANGAN SISTEM

PENDEKATAN  SISTEM
Pendekatan sistem adalah serangkaian langkah-langkah pemecahan masalah yang memastikan bahwa suatu masalah telah dipahami, solusi-solusi alternatif telah dipertimbangkan, dan bahwa solusi  yang dipilh berhasil.
                SIKLUS  HIDUP  PENGEMBANGAN  SISTEM
Siklus hidup pengembangan sistem (systems development life cycle-SDLC) adalah aplikasi dari pendekatan sistem bagi pengembangan suatu sistem informasi.
                SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM TRADISIONAL
Siklus hidup pengembangaan sistem tradisional merupakan suatu aplikasi dari pendekatan sistem. Masalah akan didefinisikan dalam tahap-tahap perencanaan dan analisis. Solusi-solusi  alternatif diidentifikasi dan dan dievaluasi dalam tahap desain. Lalu, solusi yang terbaik diimplementasikan dan digunakan. Selama tahap penggunaan, umpan balik dikumpulkan untuk melihat seberapa baik sistem mampu memecahkan masalah yang telah ditentukan.
                PROTOTYPING
Dalam penerapannya pada pengembangan sistem, prototipe adalah satu versi dari sebuah sistem potensial yang memberikan ide bagi para pengembang dan calon pengguna, bagaimana sistem akan akan berfungsi dalam bentuk yang telah selesai.
                                Jenis –jenis Prototipe
                Terdapat dua jenis prototipe yaitu sebagai berikut :
·         Prototipe evolusioner (evolutionary prototype) terus menerus disempurnakan sampai memiliki seluruh fungsionalitas yang dibutuhkan pengguna dari sistem yang baru. Prototipe ini kemudian dilanjutkan produksi. Jadi satu prototipe evolusioner akan menjadi sistem aktual.
·         Prototipe persyaratan (requirements prototype) dikembangkan sebagai satu cara untuk mendefinisikan persyaratan-persyaratan fungsional dari sistem baru ketika pengguna tidak mampu mengungkapkan dengan jelas apa yang mereka inginkan.
Daya Tarik Prototyping
                Pengguna maupun pengembang menyukai prototyping karena alasan-alasan dibawah ini :
*      Membaiknya komunikasi antara pengembang dan pengguna
*      Pengembang dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menentukan kebutuhan pengguna
*      Pengguna memainkan peranan yang lebih aktif dalam pengembangan sitem
*      Pengembang dan pengguna menghabiskan waktu dan usaha yang lebih sedikit dalam mengembangkan sistem
*      Implementasi menjadi jauh lebih mudah karena pengguna tahu apa yang diharapkan
PENGEMBANGAN APLIKASI CEPAT
Pengembangan aplikasi cepat adalah satu metodologi yang memiliki tujuan yang sama dengan prototyping, yaitu memberikan respons yang cepat atas kebutuhan pengguna, namun dengan lingkup yang lebih luas.
                PENGEMBANGAN BERFASE
Pengembangan berfase adalah suatu pendekatan bagi pengembangan sistem informasi yang terdiri atas enam tahap  yaitu :
Ø  Invastigasi awal
Ø  Analisis
Ø  Desain
Ø  Konstruksi awal
Ø  Konstruksi akhir
Ø  Pengujian dan pemasangan sistem
DESAIN ULANG PROSES BISNIS
                                                Rakayasa Terbalik
Rekayasa terbalik adalah proses menganalisis sistem yang sudah ada untuk mengidentifikasi unsur-unsur dan saling keterhubungan diantara unsur-unsur tersebut sekaligus untuk membuat dokumentasi pada tingkat abstraksi yang lebih tinggi daripada yang telah ada saat ini.
                                Rekayasa Ulang
Rekayasa ulang adalah merancang ulang sebuah sistem seluruhnya dengan tujuan mengubah fungsionalitasnya.
                ALAT-ALAT PENGEMBANGAN SISTEM
Pendekatan sistem dan berbagai siklus hidup pengembangan sistem adalah metodologi cara-cara yang direkomendasikan dalam memecahkan masalah-masalah sistem.
                PEMODELAN PROSES
Pemodelan proses pertama kali dilakukan dengan menggunakan digram alur. Diagram ini mengilustrasikan aliran data melalui sistem dan program.
                                Diagram Arus Data
Diagram arus data adalah penyajian grafis dari sebuah sistem yang mempergunakan empat bentuk simbol untuk mengilustrasikan bagaimana data mengalir melalui proses-proses yang saling tersambung.
                                Kasus Penggunaan
Kasus penggunaan adalah suatu uraian naratif dalam bentuk kerangka dari dialog yang terjadi antara sistem primer dengan sistem sekunder.
                Sejalan dengan pengembangan sistem informasi yang dilakukan oleh perusahaan, proyek-proyek akan dikelola oleh suatu hierarki manajemen yang dapat terdiri atas komite eksekutif, steering committe SIM dan seorang manajer proyek untuk setiap tim pengembang.
                Data input digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan tidak hanya estimasi biaya, melainkan juga detail-detail pendukung seperti bagaimana estimasi dilakukan, asumsi-asumsi dan bagaimana varians biaya akan dikelola setelah proyek dijalankan

0 Komentar:

Post a Comment