Saturday, March 1, 2014

Riset Pemasaran : PENYIAPAN DATA

PENYIAPAN  DATA
PROSES  PENYIAPAN  DATA
            Langkah pertama adalah memeriksa apakah kuesioner dapat di terima . Langkah ini diikuti dengan penyuntingan , pengkodean , dan transkripsi data . Data tersebut dibersihkan dan untuk respons yang hilang diberikan perlakuan sebagaimana yang disarankan . Sering kali , penyesuaian statistik atas suatu data mungkin diperlukan untuk membuat data tersebut dapat mewakili populasi yang sedang diteliti . Peneliti kemudian harus memilih sebuah strategi analisis data yang sesuai . Strategi analisis data akhir berbeda dari rencana awal analisis data dalam hal informasi serta gambaran yang diperoleh sejak rencana awal tersebut diformulasikan , persiapan data harus dimulai segera setelah kuesioner batch pertama diterima dari lapangan , ketika pekerjaan lapangan masih terus berlangsung . Sehingga jika dideteksi ada masalah-masalah , pekerjaan lapangan dapat dimodifikasi dengan memasukkan tindakan perbaikan .

PEMERIKSAAN KUESIONER
            Penyiapan data dimulai dengan sebuah pemeriksaan awal tentang kelengkapan seluruh kuesioner dan kualitas wawancara . Kemudian , penyuntingan yang lebih merata dilakukan . Penyuntingan adalah peninjauan kuesioner dengan tujuan meningkatkan akurasi dan presisi .  Penyuntingan terdiri dari penyaringan kuesioner untuk mengidentifikasi respons yang tidak terbaca , tidak lengkap , dan tidak konsisten atau membingungkan . Respon seperti itu dapat ditangani dengan mengembalikan kuesioner ke lapangan , memberikan nilai hilang , atau menghilangkan responden yang tidak memuaskan .
           
PENGKODEAN
            Langkah berikutnya adalah pemberian kode . Pengkodean adalah penggunaan sebuah kode untuk mewakili respons terhadap pertanyaan spesifik disertai catatan data dan posisi kolom yang akan ditempati kode tersebut .Sebuah kode numerik atau alfanumerik digunakan untuk mewakili sebuah respons spesifik atau sebuah pertanyaan spesifik , bersama dengan posisi kolom yang akan ditempati kode tersebut . Menyiapkan sebuah buku kode yang berisi instruksi pemberian kode dan informasi penting mengenai variabel dalam himpunan data . Data yang telah diberi kode ditranskripsikan kedalam disket atau pita magnetik atau direkam ke dalam komputer melalui pengetikan . Mark Sense Forms , pemindai optik ( optical scanning ) , atau analisis sensor komputer juga bisa digunakan .

TRANSCRIBING ( PENULISAN DATA )
            Transcribing data adalah kegiatan mentransfer data yang telah di kodekan dari kuesioner atau lembar pengkodean kedalam disket atau magnetik tape atau langsung ke dalam komputer melalui keypunching ( pengetikan ) . Kalau data tersebut dikumpulkan lewat CATI atau CAPI , langkah ini tidak perlu karena data telah dimasukkan secara langsung ke dalam komputer , pada saat pengumpulan data .
            Jika Keypunching digunakan , kekelitiuan dapat terjadi , sehingga perlu verifikasi atas kesalahan keypunching untuk himpunan data , atau paling tidak untuk sebagian  data tersebut .
            Jika CATI atau CAPI yang digunakan , verifikasi data dilakukan pada saat pengumpulan data . Dalam hal ada respons yang tidak dapat diterima , komputer akan memberi tahu pewawancara atau responden . Dalam hal respons dapat diterima , pewawancara atau responden dapat melihat catatan respons pada layar dan memverifikasinya sebelum melanjutkan wawancara .

PEMBERSIHAN DATA
            Pembersihan data meliputi pemeriksaan konsistensi dan perlakuan terhadap respons yang hilang . Walaupun pemeriksaan konsistensi awal yang telah dilakukan selama penyuntingan , pemeriksaan pada tahap ini bersifat lebih merata dan ekstensif , karena dilakukan oleh komputer .

PERLAKUAN TERHADAP RESPONS YANG HILANG
            Pembersihan data memerlukan pemeriksaan konsistensi dan perlakuan respon yang hilang . Respons yang hilang adalah sebuah variabel yang tidak diketahui , karena responden tidak diketahui , akrena responden tidak memberikan jawaban yang jelas pada pertanyaan . Pilihan-pilihan yang tersedia untuk perlakuan terhadap respons yang hilang termasuk substitusi sebuah nilai netral seperti rata-rata , substitusi sebuah respon yang tidak dicatat , menghapus respon ( casewise deletion ) . Penyesuaian statistik seperti pemberian bobot , penentuan ulang spesifikasi variabel , dan transformasi skala sering kali meningkatkan kualitas analisis data . Pemilihan sebuah strategi analisis data harus didasarkan pada proses riset pemasaran sebelumnya , karakteristik data yang diketahui , sifat teknik-teknik statistik , serta latar belakang dan filosofi peneliti . Teknik statistik dapat diklasifikasikan menjadi univariate dan multivariat .

0 Komentar:

Post a Comment